Pages

peluang usaha

Labels

Kamis, 20 Desember 2012

Cara Mudah Menghitung Daya Listrik PLN



Saya punya cara tersendiri untuk menghitung daya listrik dari beberapa peralatan elektronik yang terpasang, caranya yaitu cukup menggunakan stopwatch dan kalkulator saja, simpel kan…!!. Stopwatch digunakan untuk menghitung waktu putaran piringan pada meteran listrik PLN. Mungkin cara ini tidak 100% benar tapi kalo membandingkannya dengan daya yang tertera pada peralatan elektronik tersebut nilainya hampir sama.

Di meteran Listrik PLN ada keping piringan yang berputar, biasanya di meteran itu ada tulisan 1200 putaran/1KW. Artinya dalam 1200 putaran itu menghasilkan daya 1000 Watt. Langkah yang perlu dilakukan yaitu mengukur waktu yang dibutuhkan piringan itu dalam satu putaran dengan menggunakan stopwatch.
Misalnya ; waktu yang di butuhkan piringan itu berputar satu kali yaitu 6 detik, maka :
{3600 s : 6 s} x { 1000 watt : 1200 put } = 500 Watt
Jadi artinya dalam satu jam pemakaian listrik maka akan memakan daya sebesar 500 watt.

Kalo mau membuktikannya silahkan, pertama-tama cukup nyalakan satu buah barang elektronik saja misalnya TV (peralatan yang lainnya di matikan dan kalo perlu di cabut dari stekernya), di belakang TV biasanya tertera daya listriknya, setelah itu ukur deh waktu putaran piringan di meteran Listrik PLN lalu kalkulasi mengunakan rumus diatas, dan lihat hasilnya sama tidak dengan daya yang tertulis di TV.

—Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat—

0 komentar:

Posting Komentar